Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Serahkan Ventilator untuk RSUD Atambua

ATAMBUA, Gerbangindonews. Com – Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Melkiades Laka Lena kembali menunjukan perhatian dan kepeduliannya yang tinggi terhadap masyarakat Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur di tengah wabah Covid-19.

Sebelumnya kepedulian Melki yang juga Ketua DPD I Golkar Propinsi NTT kepada warga yang berbatasan langsung dengan Negara Timor Leste itu dengan membagikan sejumlah Alat Pelindung Diri (APD) untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Kali ini Melki kembali menyerahkan bantuan sejumlah APD dan alat bantu pernapasan atau ventilator sebagai fasilitas penunjang dalam memerangi pandemi Covid-19 melalui RSUD MGR. Gabriel Manek, SVD Atambua.

Bantuan ventilator itu diserahkan oleh Ketua DPD II Golkar Kabupaten Belu, Yohanes Jefry Nahak dan diterima langsung oleh Bupati Belu, Willybrodus Lay didampingi Direktur RSUD Atambua, dr. Batsheba Elena Corputty, MARS di RSUD Atambua, Jumat (10/07/2020).

Hadir juga sejumlah pengurus DPD II Golkar Kabupaten Belu, pengurus Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Kabupaten Belu, dokter dan para pejabat RSUD Atambua.

Bupati Belu, Willybrodus Lay pada kesempatan itu menyampaikan terimakasih kepada Wakil Ketua Komisi IX DPR RI yang juga Ketua DPD I Golkar Propinsi NTT, Melkiades Laka Lena yang sangat perhatian dan peduli terhadap masyarakat Kabupaten Belu sehingga selama ini selalu membantu Pemerintah Daerah (Pemda) Belu dengan memberikan sejumlah bantuan baik APD termasuk hari ini memberikan bantuan ventilaror untuk memerangi Covid-19.

Baca Juga  Aklamasi dan Kembali Pimpin Golkar Belu, Epy Nahak: Ini Amanah

“Saya atas nama masyarakat Kabupaten Belu menyampaikan terima kasih untuk Pak Melki Laka Lena yang hari ini melalui pengurus Golkar Belu menuerahkan satu unit ventilator bersama dengan APD untuk Rumah Sakit Umum Atambua,” ungkap Bupati Lay.

Menurut Bupati Lay, bantuan ventilator ini sangat membantu kerja para dokter dan para medis untuk menangani pasien yang mengalami depresi pernapasan di RSUD Atambua.

“Menurut saya yang seorang awam melihat bahwa ventilator ini akan sangat membantu pasien kalau mengalami sesak napas. Dengan ventilator ini sedikit membantu meringankan pasien,” kata Bupati.

“Ini upaya pemerintah untuk meringankan pasien apabila terjadi kasus (depresi pernapasan) sebagaimana menurut dokter harus dibantu dengan ventilator,” sambung Bupati Lay.

Sementara itu, Ketua DPD II Golkar Kabupaten Belu, Yohanes Jefry Nahak mengatakan bantuan ventilator dan APD ini merupakan kepedulian Partai Golkar yang kesekian kali.

Bantuan ventilator itu jelas Epy begitu akrab dikenal diserahkan atas permintaan Pemerintah Kabupaten Belu yang waktu itu langsung oleh Bupati Belu kepada Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Melki Laka Lena.

Baca Juga  Dampak Covid-19: Tukang Ojek Mengeluh, Begini Respon DPRD Belu

“Dan hari ini bantuan ventilator itu diserahkan oleh Pak Melki yang juga Ketua DPD Golkar Propinsi NTT melalui Golkar Belu dan diterima langsung Bupati Belu dan Direktur RSUD Atambua,” terang Epy.

Lebih lanjut, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Belu ini mengemukakan, selain menyerahkan ventilator dan APD ke RSUD Atambua, pihaknya juga akan menyerahkan bantuan APD kepada Rumah Sakit lain dan 17 Puskesmas yang ada di Kabupaten Belu.

“Selain menyerahkan bantuan ventilator, juga ada APD. Bantuan ventilator hanya untuk RSUD dan beberapa APD, sementata bantuan untuk RS lain dan 17 Puskesmas yang ada di Kabupaten Belu juga akan diserahkan APD,” sebut Epy.

Pihaknya berharap, Direktur Rumah Sakit bersama seluruh dokter, manfaatkanlah dengan baik alat-alat ini yang diserahkan langsung oleh Pak Melki Laka Lena sehingga dapat bermanfaat untuk seluruh masyarakat Kabupaten Belu.

“Golkar akan terus membantu dan bekerjasama dengan Pemda Belu untuk mengantisipasi, mencegah dan menangani Covid-19. Walaupuan sampai hari ini Belu masih zona hijau dan kita berharap tepat zona hijau,” pungkasnya.

Terpisah, dokter specialis penyakit dalam RSUD Atambua, dr. Oscar kepada wartawan menyampaikan terima kasih yang mendalam untuk Melki Laka Lena karena kepeduliannya terhadap Belu ini sangat tinggi.

Baca Juga  Kepada DPRD Belu, Petugas Posko Mengaku Sudah Terima Anggaran Operasional

“Pertama waktu kami kesulitan untuk mendapatkan mesin untuk PCR kemudian dengan bantuan beliau kami bisa segera mendapatkan, lalu kali ini beliau memberikan bantuan yang sangat luar biasa sebuah ventilator di mana memang itu sangat kita perlukan untuk pasien-pasien Covid-19 yang nanti mengalami depresi pernapasan,” ungkap dr. Oscar.

Ventilator kata dr. Oscar memang sudah ada tapi sangat terbatas dan pihaknya sempat kewalahan untuk mau membagi antara yang pasien bukan Covid-19 dan pasien yang Covid-19.

“Dengan ada bantuan ini, kami merasa sudah siap artinya mampu untuk menangani pasien-pasien Covid-19. Ini sangat penting sekali,” ujarnya.

Sebagai dokter ia sangat bersyukur bahwa sampai saat ini Tuhan masih menjaga Belu sehingga zona hijau.

“Kita zero case. Kita berharap supaya hal ini terus kita sama-sama menjaga dengan tetap memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan supaya kita bisa sama-sama jaga Belu bisa tetap nol kasusnya atau zona hijau,” pintanya.

[A-01/Gin]

20

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: