Ternyata Anggaran untuk Pengadaan Maek Bako di Belu Hampir 4 M

Ternyata Anggaran untuk Pengadaan Maek Bako di Belu Hampir 4 M

ATAMBUA, Gerbangindonews. Com – Maek Bako (Porang) merupakan program unggulan Pemda Belu dibawah nahkoda Bupati Willybrodus Lay dan Wakil Bupati, JT Ose Luan untuk mensejahterakan masyarakat di bidang pertanian.

Untuk mewujudkan itu, Pemerintah Daerah (Pemda) Belu telah mengucurkan anggaran untuk pengadaan bibit (benih) porang (Maek Bako) senilai hampir 4 milyar rupiah untuk dapat dibudidaya masyarakat.

Penelusuran media ini di laman resmi Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Belu, Jumat (14/02/2020) diketahui, total anggaran untuk pengadaan barang bernilai ekonomis tinggi itu sebesar Rp. 3.775.000.000 (Tiga Milyar Tujuh Ratus Tujuh Puluh Lima Juta Rupiah) atau hampir 4 Milyar.

Baca Juga  DPRD Minta Pemda Belu Antisipasi Rawan Pangan dengan Cara Ini

Dalam laman LPSE Belu tertera, anggaran Rp. 3.775.000.000 dikucurkan untuk pengadaan Maek Bako pada tahun 2017 dan tahun 2018.

Dimana pada tahun 2017 pengadaan Maek Bako dengan nama tender Belanja Maek Bako yang bersumber dari APBDP 2017 dilakukan dua kali pada bulan November dengan nilai pagu paket masing-masing Rp. 987.500.000 dan Rp. 312.500.000.

Pengadaan Maek Bako itu dilakukan oleh pihak ketiga yakni oleh Cv. Tunas Flamboyan yang beralamat di Tanah Merah Atambua, Kabupaten Belu.

Baca Juga  Maek Bako: Pengakuan Poktan dari Tak Terima hingga Terima Bibit Rusak, Polisi Serius Dalami

Sementara pada Agustus 2018, belanja Maek Bako dengan sumber anggaran APBD 2018 dilakukan oleh Cv. De Chalvin yang juga beralamat di Tanah Merah Atambua, Kabupaten Belu dengan nilai pagu paket sebesar Rp. 2.475.000.000

Terhadap realisasi dan pemanfaatan program Maek Bako dengan anggaran Milyaran itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Belu, Gerardus Mbulu yang dikonfirmasi belum memberikan tanggapan.

Pasalnya, saat ini Kadis Gerardus sementara mengikuti pertemuan yang berlangsung di Kota Kupang, Propinsi NTT.

Baca Juga  Pemkab Belu Hibahkan Tanah untuk TPU

Informasi dan data yang dihimpun, dari tiga kali pengadaan, bibit Maek Bako disebar di beberapa Kecamatan di Belu, meski belum dipastikan bibit Maek Bako dibagi di daerah mana-mana saja karena memang Kadis Gerardus tidak berada di tempat.

[A-01/Gin]

73

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: