Syarat Gandeng Kader Perempuan Potensial Ini, PAN Belu Hanya Terima Balon Bupati

Atambua, Gerbangindonews. Com – Dewan Pimpinann Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Belu menyatakan sikap politik dan keseriusan dalam menghadapi Pilkada Belu 2020 mendatang.

Sikap politik dan keseriusan Partai berlambang Matahari itu terkait figur bakal calon bupati dan wakil bupati yang akan diusung nantinya.

PAN Belu mensyaratkan hanya akan mengusung pasangan calon bupati yang menggandeng kader perempuan potensial Maria Hilaria Yane Bone yang juga menjabat Bendahara DPD PAN Kabupaten Belu sebagai calon wakil bupati.

Demikian pernyataan resmi Ketua DPD PAN Belu, Donatus Lau didampingi Sekretaris DPD PAN Belu, Yohanes Belawa Karang, Bendahara DPD PAN Belu, Maria Hilaria Yane Bone, Ketua Badan Pemenangan Pemilu, Rudy Karlus Boy Bouk, dan ketua POK Yakobus Keys dalam jumpa pers yang digelar di Kantor DPD PAN Kabupaten Belu, Kamis (03/10/2019) sore.

“Terkait pilkada kabupaten Belu, kita menunggu instruksi dari DPW.Tapi PAN mengusung salah satu kader terbaik yaitu saudariku ibu Maria Hilaria Yane Bone dengan pertimbangan memiliki kapasitas, masa dan kesiapan partai serta posisi beliau sebagai satu-satunya figur perempuan yang punya posisi tawar tinggi untuk ikut berkompetisi,” tandas Donatus.

Baca Juga  Kunjungi Belu, Kapolda NTT Berbagi dengan Warga dan Sumbang APD untuk Gugus Tugas

Selain pertimbangan yang disebutkan, Donatus mengaku optimis PAN mengusung Yane Bone jika berpasangan dengan calon Bupati siapa saja, maka paket tersebutlah yang akan keluar sebagai pemenang dalam kontestasi politik lima tahunan di kabupaten belu.
Sikap optimis PAN Belu jelas Donatus bukan tanpa alasan, keputusan PAN untuk mengusung Yane Bone sebagai calon wakil bupati berdasarkan sejumlah alasan politis yang rasional.

Menurut Donatus, Yane Bone merupakan salah satu kader terbaik saat ini yang dimiliki PAN Belu dimana Yane Bone memiliki pengalaman sebagai penyelenggara pemerintah daerah yakni anggota DPRD Belu selama tiga periode.
Dari sisi masa, Yane Bone sangat siap karena Yane Bine adalah tipikal politisi perempuan dan petarung sejati. Selain itu, posisi Yane Bone mewakili suku besar Lidak dan suaminya Yulianus Tai Bere merupakan wakil dari suku Marae yang saat ini menjabat sebagai anggota DPRD Belu.

Baca Juga  Anak Boss Timor Permai Diduga Aniaya ODGJ, Polisi: Belum Proses Hukum

Satu aspek penting yang membuat PAN Belu yakin akan menang apabila digandeng salah satu calon Bupati Belu adalah Yane Bone merupakan satu-satunya calon wakil bupati Belu yang menjadi representasi perempuan.

Trend keberhasilan perempuan dalam kanca politik di Belu kata Donatus menjadi salah satu alasan utama PAN memilih Yane Bone sebagai calon wakil Bupati.

Donatus mengatakan bahwa sudah saatnya perempuan dipilih untuk menahkodai Belu.

“Kami sudah sepakat dan bertekat bahwa siapapun calon bupati, apabila berpasangan dengan kader terbaik PAN yaitu ibu Yane Bone maka dialah pemenangnya. Kami pastikan, siapapun yang datang meminang kader yang mewakili kaum perempuan, dialah paket yang akan memenangkan pilkada 2020,” pungkas Mantan Anggota DPRD Belu itu.

Baca Juga  Gekira Serahkan APD untuk Puskesmas dan Klinik di Perbatasan

Senada, Sekretaris DPD PAN Belu, Yohanes Belawa Karang menegaskan bahwa untuk kontestasi Pilkada Belu 2020, PAN Belu sangat serius untuk mengusung kader dan memenangkan kompetisi dengan strategi dan modal politik yang dimiliki PAN Belu.

“Dinamika Pilkada Belu akhir-akhir ini sudah mulai jalan. Diskursus di tingkat publik juga sudah cukup lama, dan Partai Amanat Nasional hari ini juga mau menunjukan bahwa PAN juga sangat serius dalam rangka mempersiapkan diri untuk berproses dalam pilkada Belu 2020,” tandas Jack Karangora begitu akrab dikenal.

[gin/mp]

82

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: