Pjs. Bupati Belu Pastikan Pilkada Belu Berjalan Aman dan Penuh Suasana Kekeluargaan

ATAMBUA, Gerbangindonews. Com – Penjabat Sementara Bupati Belu, Drs. Zakarias Moruk, MM memastikan akan memfasilitasi penyelengaraan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah tahun 2020 (Pilkada Belu 2020) agar dapat berjalan lancar, sukses, aman dan penuh dengan suasana kekeluargaan.

Zaka Moruk begitu akrab dikenal menyampaikan hal itu dalam konferensi pers didampingi Kadis Kominfo Belu, Johanes A. Prihatin di hari pertama bertugas sebagai Pjs. Bupati Belu di ruang rapat Bupati Belu, Senin (28/09/2020).

Kesempatan itu, Pjs. Bupati Belu mengemukakan bahwa pada tanggal 26 September 2020, dirinya telah dikukuhkan oleh Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat di Kupang dan akan bertugas sampai dengan tanggal 5 Desember 2020 mendatang.

Baca Juga  Cegah COVID-19, Pemda Belu Bentuk Gugus Tugas

“Hal yang sangat strategis adalah bagaimana mengemban tugas-tugas Bupati dan Wakil Bupati Belu terkait dengan masa cuti yang dijalani juga pembahasan ABPD Perubahan 2020 dan pembahasan APBD Murni tahun 2021,” terang Pjs. Bupati.

Sebagai Penjabat Sementara Bupati Belu, dirinya akan menjalankan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan, pelayanan kepada masyarakat sebagaimana diamanatkan undang-undang.

“Penugasan yang akan kami laksanakan sesuai dengan UU Nomor 23 Tahun 2004. Saya mohon kerjasama dan dukungan teman-teman media untuk menjadi penyambung aspirasi pemerintah kepada masyarakat dan menjadi penyambung kegiatan-kegiatan pembangunan yang dilaksanakan di Kabupaten Belu untuk bisa diketahui oleh publik luas,” ujar Pjs. Bupati yang juga menjabat Kaban Keungan Provinsi NTT ini.

Baca Juga  Belu Berturut-Turut Peringkat Satu Cegah Korupsi di NTT

Salah satu tugas strategis lain kata Pjs. Bupati adalah akan mengawasi ASN sehingga tidak terlibat politik praktis dalam proses Pilkada Belu yang tengah berlangsung dengan segera mengeluarkan surat edaran sebagai himbauan mengenai netralitas ASN.

“Tadi pagi saya sudah sampaikan kepada kepala BKPSDMD dan minggu ini akan segera dikeluarkan surat edarannya,” tandas Pjs. Bupati.

Terkait Covid-19, juga menjadi agenda penting sehingga Pjs. Bupati menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Belu agar tetap menjalankan protokol kesehatan yakni selalu mengenakan masker, cuci tangan, jaga jarak fisik serta menjaga imun tubuh agar tetap sehat.

Baca Juga  KKP Canangkan Gemarikan, Bupati Lay: Semoga Generasi Belu Terdepan

“Untuk Provinsi NTT ada 4 Kabupaten yang masih dalam zona hijau dalam arti belum ada yang terkonfirmasi covid-19 yakni Kabupaten Belu, Sabu Raijua, Sumba Tengah dan Ngada. Sehingga saya menghimbau mari kita tetap menjaga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan tadi dalam rapat bersama pimpinan OPD, Camat dan Lurah diminta untuk aktifkan kembali posko di pintu masuk,” pungkasnya.

[A-01/Gin-Adv Kominfo Belu]

20

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: