Pemkab Belu Hibahkan Tanah untuk TPU

Pemkab Belu Hibahkan Tanah untuk TPU

ATAMBUA, Gerbangindonews. Com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belu menghibahkan tanah untuk warga Fatubenao, Kecamatan Kota Atambua, Kabupaten Belu untuk kebutuhan Tempat Pemakaman Umum (TPU) seluas 13.766 meter persegi.

Tanah milik Pemkab Belu yang tertelak di wilayah RT 32 RW 02 Kelurahan Fatubenao Kecamatan Kota Atambua itu diserahkan langsung oleh Bupati Belu Willybrodus Lay kepada Pastor Paroki Santo Agustinus Fatubenao, Romo Renso Tae Lake atas nama masyarakat Kelurahan Fatubenao usai perayaan ekaristi yang berlangsung di Gereja Katolik Paroki Santo Agustinus Fatubenao, Minggu (12/01/2020) pagi.

Bupati Lay dalam sambutannya mengatakan Pemkab Belu menjawab kebutuhan warga Kelurahan Fatubenao yang sangat membutuhkan tanah untuk dijadikan TPU dengan menghibahkan lahan seluas 13.766 meter persegi.

Baca Juga  PDAM Jajaki Investor Air Masuk Belu, Begini Respon DPRD Belu

Tanah yang dihibahkan kata Bupati Lay tidak begitu luas. Sehingga, perlu dikelola dan ditata secara baik untuk menjawab kebutuhan dalam tenggang waktu yang lebih lama.

“Tanahnya tidak begitu luas, cukup sempit sehingga perlu ditata sejak awal supaya bisa dipakai dalam waktu yang lebih lama. Kalau tidak ditata sejak awal, maka hanya dipakai untuk satu dua tahun ke depan karena lokasinya sempit. Pemerintah hibahkan tanah karena peduli juga dengan umat di Paroki Fatubenao,” kata Bupati.

Selain itu, Bupati Lay mengingatkan warga Fatubenao agar tanah yang sudah dihibahkan pemerintah dapat dimanfaatkan secara baik. Jika ada warga yang meninggal, perlu dimakamkan di TPU.

Baca Juga  ODP di Belu Berkurang, 4 Selesai Masa Karantina

“Jangan kubur di pekarangan rumah. Biarkan pekarangan rumah tetap luas dan kuburan terpisah, di luar perkampungan,” ujarnya.

“Ada umat Paroki Katedral yang meninggal dan mau dimakamkan, bisa juga manfaatkan TPU Fatubenao. Boleh manfaatkan asal ada komunikasi dan kesepakatan,” lanjut Bupati Lay.

Sementara itu, Pastor Paroki Santo Agustinus Fatubenao, Romo Renso Tae Lake mengatakan penyerahan tanah untuk TPU dilihat sebagai momen ziarah iman dan kepedulian atas kebutuhan umat. Pemkab Belu menaruh kepedulian terhadap pengembangan iman umat.

“Ini tentunya meneguhkan iman sehingga patut kita bersyukur kepada Tuhan dan terima kasih kepada Pemkab Belu di bawah kepemimpinan Bupati Willy dan Wakil Bupati, Ose Luan,” kata Romo Renso.

Baca Juga  Ludo Taolin Pahlawan Malaka, Temu: Harusnya Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Dikatakan, masyarakat khususnya umat Paroki Fatubenao sangat berterima kasih karena keluhan dan kebutuhan akan tanah untuk dijadikan TPU sudah dijawab pemerintah.

“Kami berjanji untuk kelola dengan baik. Kami targetkan, tiga bulan ke depan, tempat itu sudah terbuka untuk dipakai. Seluruh tenaga pastoral di Paroki Fatubenao akan dikerahkan supaya lokasi itu dimanfaatkan secepatnya,” tutup Romo Renso.

[A-01/Gin]

63

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: