Pemda Belu Dapat 200 Miliar Karena Prestasi, DPRD Belu: Tidak Benar

ATAMBUA, Gerbangindonews. Com – DPRD Belu menyebut kucuran dana sebesar 200 Miliar dari Pemerintah Pusat untuk Pemerintah Daerah (Pemda) Belu karena prestasi Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diterima Pemda Belu dari BPK atas pengelolaan keuangan tahun anggaran 2018 dan prestasi lain adalah tidak benar.

Anggaran yang dikucurkan untuk Pemda Belu bahkan bukan hanya 200 M, tetapi 204 M.

Namun demikian, anggaran miliaran tersebut merupakan penambahan dana perimbangan DAK dan DAU juga dana penyesuaian Otonomi Khusus sebesar 204 M.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua II DPRD Belu, Cyprianus Temu ketika dikonfirmasi gerbangindonews.com terkait dana bonus dari Pempus senilai 200 M karena prestasi Pemda Belu atas WTP dan prestasi lainnya.

Baca Juga  Awal Tahun, 240 Pejabat Lingkup Pemkab Belu Dimutasi

“Bukan dapat WTP 200 M. Tidak benar,” ungkap Cypri Temu begitu akrab dikenal ketika dikonfirmasi melalui pesan WhatsAppnya, Selasa (26/11/3019) siang.

Menurut politisi NasDem itu, DPRD Belu sudah mempertanyakan anggaran ratusan miliar tersebut yang dialokasikan dalam KUA PPAS 2020 saat sidang.

Namun, Pemda Belu jelas Cypri yang diwakili Wakil Bupati Belu saat hadir dalam sidang tersebut mengaku tidak tau.

“Ada penambahan dana perimbangan DAK dan DAU. Dana penyesuaian dan atonomi khusus sebesar 204 M yang di alokasikan dalam KUA PPAS 2020. Makanya DPR minta untuk di jelaskan. Tapi begitu ditanya oleh anggota DPRD Theo Manek, Pak Wakil Bupati yang hadir mewakili pemerintah kaget dan spontan bilang tidak tau, itu sekda dan keuangan,” terang Anggota DPRD Belu empat periode itu.

Baca Juga  PAD Belu 2019, BPKAD dan Dinkes Lampaui Target

Terpisah, Wakil Bupati Belu, JT. Ose Luan yang dikonfirmasi melalui pesan WhatsAppnya belum merespon.

Sebelumnya, seperti dilansir salah satu media online, Pemerintah Daerah (Pemda) Belu mendapat tambahan dana dari Pemerintah Pusat sebesar 200 Miliar untuk membiayai pembangunan pada tahun 2020 mendatang.

Baca Juga  Lantik Anggota Parpol Jadi Panwascam Wewiku, GMNI Desak Bawaslu Pusat Tindak Bawaslu Malaka

Tambahan dana 200 M itu diberikan Pemerintah Pusat karena prestasi Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diterima Pemda Belu dari BPK atas pengelolaan keuangan tahun anggaran 2018.

Bonus dana tambahan untuk prestasi WTP yakni Dana Insentif Daerah (DID) sebesar 42 M dan 158 M untuk prestasi lain yang di raih Pemda Belu.

[gin/mp]

561

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: