Peduli Keselamatan, Satgas Yonif 142/KJ Bantu Sebrangkan Anak Sekolah di Tapal Batas

Peduli Keselamatan, Satgas Yonif 142/KJ Bantu Sebrangkan Anak Sekolah di Tapal Batas

ATAMBUA, Gerbangindonews. Com – Sungai Talau terletak di Dusun Mudafehan Desa Tulakadi Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu, NTT, Perbatasan RI-RDTL. Untuk menuju ke Sekolah Dasar Negeri (SDN) Salore yang berada di Dusun Dubanas, anak-anak harus melintasi sungai Talau setiap hari karena belum adanya sarana jembatan.

Melihat hal itu, personel Pos Salore Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ berinisiatif membantu anak-anak yang akan berangkat dan kembali dari sekolah melalui sungai Talau.

“Kegiatan membantu anak-anak menyeberangi sungai Talau ini dipimpin langsung oleh Serda Angga Bramana selaku Wadanpos Salore bersama 5 anggota personel lainnya,” ungkap Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonif 142/KJ, Letkol Inf Ikhsanudin, Senin (13/01/2020).

Baca Juga  Satgas Yonif 142/KJ Bantu Olah Lahan Sawah Warga Perbatasan

“Bantuan yang diberikan adalah untuk mengantisipasi timbulnya korban jiwa saat banjir bandang secara tiba-tiba yang disebabkan curah hujan tinggi terus-menerus setiap hari,” ungkapnya lebih lanjut.

Menurut Dansatgas, tindakan untuk membantu menyebrangkan anak-anak sekolah ini adakah panggilan kemanusiaan dan kepedulian terhadap warga perbatasan, khususnya kepada anak-anak selaku generasi penerus Bangsa.

“Mereka tidak memiliki pilihan lain karena akses satu-satunya untuk berangkat dan kembali dari sekolah harus melintasi sungai Talau,” imbuh Letkol Ikhsan.

Baca Juga  Ludo Taolin Tutup Usia, Lopez: Kita Menyesal Kenapa Cepat Sekali Dipanggil Tuhan

Letkol Ikhsan menuturkan, tidak hanya anak-anak sekolah, bahkan warga masyarakat yang berada di seberang sungai pun harus terisolir bila air sedang meluap dengan disertai arus yang sangat deras.

“Waktu sekolah untuk menuntut ilmu sering kali terbuang sia-sia bila aktifitas mereka terkendala dengan derasnya arus sungai saat hujan terus-menerus di daerah tersebut,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu orangtua siswa, Dominggus (48) menyampaikan ucapan terima kasih kepada personel Pos Salore Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ atas bantuan yang telah diberikan kepada anak-anak mereka.

Baca Juga  Diduga Tak Ada Anggaran, Posko Pemantau "Orang Baru" di Belu Belum Terbentuk

“Saya selaku orang tua mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak-bapak TNI yang telah memberikan bantuan sosial terhadap kami masyarakat Dusun Mudafehan berupa menyeberangkan anak-anak kami untuk pergi ke sekolah,” ucapnya

[A-01/Gin]

63

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: