Musrenbang: Atambua Selatan Usulkan 10 Program Prioritas, DPRD Belu Siap Kawal

ATAMBUA, Gerbangindonews. Com – Pemerintah Kecamatan Atambua Selatan menggelar musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tingkat Kecamatan di Aula Kantor Camat Atambua Selatan, Selasa (25/02/2020).

Sehari sebelumnya, di tempat yang sama pada Senin (24/02/2020), Pemerintah Kecamatan Atambua Selatan telah menggelar pra Musrenbang.

Camat Atambua Selatan, Silvia C. Do Amaral usai Musrenbang kepada media ini mengatakan,
kegiatan pra Musrenbang yang digelar sebelumnya dilakukan untuk mendengar usulan dari 4 Kelurahan se-Kecamatan Atambua Selatan.

Bahkan kata Camat Silvi, sebelum pembahasan di tingkat pra, pihaknya juga bersama beberapa Anggota DPRD Belu asal Dapil Atambua Selatan yang dipimpin Ketua Komisi I, Benedictus Manek telah membahas bersama sejumlah pergumulan dan kebutuhan masyarakat Atambua Selatan untuk kemudian dirumuskan dalam program kegiatan yang diusulkan.

Baca Juga  Sejumlah Daerah Studi Banding di Plaza Pelayanan Publik Belu

Pada pra Musrenbang sendiri jelas Camat Silvi begitu akrab dikenal, dari 4 kelurahan mengusulkan 40 program kegiatan.

“Di pra Musrenbang ada 40 program kegiatan yang diusulkan,” kata Camat Silvi.

Selanjutnya kata Camat Silvi, pada Musrenbang tadi setelah melalui diskusi dan musyawarah bersama, hanya terdapat 10 program kegiatan prioritas usulan yang diterima.

Camat Silvi menambahkan, 10 program prioritas yang diusulkan merupakan kebutuhan warga Atambua Selatan dan sangat sinkron dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Belu sehingga diharapkan dapat diakomodir dan terealisasi pada tahun 2021 nanti demi peningkatan kesejahteraan masyarakat Atambua Selatan.

Adapun 10 program usulan dari Pemerintah Kecamatan Atambua Selatan diantaranya:
1. Pembangunan jembatan beton di Kelurahan Manuaman
2. Pembangunan bronjong di Kelurahan Fatukbot
3. Pemeliharaan berkala jalan (Lapen) Kelurahan Fatukbot
4. Pembiayaan Jamkesda di 4 Kelurahan
5. Pelatihan peningkatan kapasitas tutor PAUD di 4 Kelurahan
6. Pelatihan dan bantuan alat untuk penyandang disabilitas di 4 Kelurahan
7. Pelatihan menjahit di 4 Kelurahan
8. Pelatihan perbengkelan di 4 Kelurahan
9. Budidaya ikan lele di 4 Kelurahan
10. Pelatihan daur ulang sampah dan bantuan peralatan di 4 Kelurahan.

Baca Juga  Pilkada Belu 2020: Enggan “Cerai” dengan Ose Luan, Begini Pengakuan Willy Lay
Ketua Komisi I DPRD Belu, Benedictus Manek bersama beberapa Anggota DPRD Belu saat Melakukan Penjaringan Aspirasi Masyarakat Atambua Selatan

Sebelumnya, anggota DPRD Belu asal Dapil Atambua Selatan yang juga menjabat Ketua Komisi I, Benedictus Manek yang dikonfirmasi mengatakan dalam melakukan penjaringan sebelum pra Musrenbang sudah mengingatkan pihak pemerintah Kecamatan agar dalam merumuskan usulan harus melibatkan semua elemen masyarakat.

Program yang diusulkan juga kata politisi muda NasDem itu juga harus berbasis kebutuhan masyarakat banyak.

Baca Juga  Bupati Usulkan Penjabat Sekda Belu, DPRD Sebut Tak Paham Regulasi

“Iya saat itu kita juga ingatkan agar program usulan haus sinkron dengan program pemerintah Kabupaten sehingga tidak tumpang tindih,” kata Benny Manek.

Dirinya sebagai Anggota DPRD Belu tambah Benny Manek akan mengawal secara baik program kegiatan usulan pemerontah Kecamatan Atambua Selatan tersebut di tingkat Kabupaten hingga sampai pada tahap eksekusi/realisasi program-program tersebut.

Turut hadir dalam Musrenbang tingkat Kecamatan Atambua Selatan tersebut, Anggota DPRD Belu, Jacobus Manek, pimpinan sejumlah OPD lingkup Pemkab Belu, Lurah, Tokoh Masyarakat dan undangan lainnya.

[A-01/Gin]

27

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: