Manfaatkan Aplikasi Vidcon, Dinas Kominfo Belu Latih Operator Seluruh OPD

Manfaatkan Aplikasi Vidcon, Dinas Kominfo Belu Latih Operator Seluruh OPD

ATAMBUA, Gerbangindonews. Com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Belu melalui Bidang Infrastruktur dan Teknologi melatih para operator tenaga teknis di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kabupaten Belu untuk memanfaatkan aplikasi Vidio Vonference (Vidcon) dalam menunjang tugas atau kegiatan kedinasan di era new normal atau tatanan kehidupan baru saat Covid-19.

Kegiatan Fasilitasi Pembinaan dan Pengembangan Sumber Daya Komunikasi dan Informatika Jaringan TIK dalam pemanfaatan aplikasi Vidcon itu berlangsung di Ruang Rapat Dinas Kominfo Kabupaten Belu, Selasa (14/07/2020).

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Belu, Johanes Andes Prihatin mengatakan, dalam rangka memasuki adaptasi kehidupan baru dalam pandemi era Covid-19 ini Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belu mencoba memberikan sedikit ilmu dan berbagi pengalaman kepada setiap OPD agar dapat menggunakan aplikasi Video Conference dengan menggunakan peralatan–peralatan yang ada di OPD masing–masing untuk mendukung tugas-tugas kedinasan dengan Vidcon.

Baca Juga  Belu ODP 10, Bupati Lay Belum Dapat Info tapi Imbau Isolasi Diri Diawasi Dinkes

Kadis Kominfo berharap agar selama pelatihan ini para peserta dapat aktif, sehingga setelah pelatihan ini dapat memfasilitasi Pimpinan OPD dalam menggunakan Vidcon dengan Peralatan yang ada di OPD masing-masing.

Sementara itu, Kepala Bidang Infrastruktur dan Teknologi, Djitro Djon Muskanan mengemukakan kegiatan fasilitasi kepada tenaga teknis operator dari setiap dinas dimaksudkan untuk menunjang kebutuhan yang harus dilaksanakan oleh setiap OPD setelah masa pandemi, masa transisi maupun new normal.

Baca Juga  DPRD Desak Pemda Belu Segera Cairkan Bantuan JPS

Sehingga kebutuhan tersebut jelas Djitro harus dijembatani agar pelayanan virtual yang diikuti maupun diselenggarakan oleh Dinas tersebut dapat berjalan dengan baik.

Fasilitasi ini tambah Djitro dilakukan untuk memperkuat tenaga teknis operator sehingga bisa mendukung kelancaran pelaksanaan vidcon.

“Fasilitasi pembinaan dan pengembangan sumber daya komunikasi dan informatika jaringan TIK ini dilakukan dengan berbagai sesi dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang diterapkan oleh Pemerintah. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari yang diikuti oleh empat puluh OPD dan satu sesi dua jam diikuti oleh kurang lebih sepuluh OPD sehingga tetap menjaga physical distancing,” ujar Kabid Djitro.

Baca Juga  Pemda Belu Siapkan 468 Juta untuk Rehab Dua Ruang Isolasi Covid-19

Kabid Djitro berharap agar setelah kegiatan ini tenaga teknis operator yang merupakan ujung tombak dan menjadi leading dari kegiatan yang menggunakan jaringan teknologi informasi dan komunikasi pada OPD masing-masing.

“Tenaga operator dapat menularkan kepada rekan-rekan di OPD masing-masing seperti yang mereka pelajari dan mereka ketahui dalam mengikuti kegiatan fasilitasi yakni menggunakan teknologi berbasis Android terutama penggunaan Web Camera Handphone (HP),” pungkasnya.

[A-01/Gin]

29

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: