Longsor Ruas Jalan Manleten di Belu Berbahaya

ATAMBUA, Gerbangindonews. Com – Kondisi titik longsor ruas jalan provinsi di wilayah Desa Manleten, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu cukup membahayakan.

Longsoran itu bisa bertambah luas dan terancam putus pada musim hujan.

Kemungkinan lain yang terjadi akan menimbulkan kecelakaan lalulintas.

Data dan informasi yang dihimpun, Sabtu (07/12/2019) menyebutkan, longsor pada ruas jalan sekitar Pasar Mingguan Manleten di Dusun Lamasi B Desa Manleten Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu terjadi akibat hujan pada Maret 2018 lalu.

Pengguna jalan baik pejalan kaki maupun pengemudi kendaraan bermotor sangat hat-hati ketika melintasi ruas jalan sekitar lokasi longsor tersebut.

Baca Juga  Pejuang Timor-Timur Mengadu ke Komisi I DPRD Belu

Tabrakan tidak bisa dihindarkan karena titik longsor itu terletak persis pada tikungan ruas jalan sekitar Pasar Mingguan Manleten.

Warga sekitar lokasi longsor begitu berharap agar kerusakan ruas jalan akibat longsor harus segera diperbaiki untuk mencegah terjadi kecelakaan lalu lintas dan lumpuhnya transportasi pada ruas jalan yang menghubungkan Kota Atambua dan beberapa kecamatan di antaranya Tasifeto Timur, Lamaknen dan Lamaknen Selatan.

Bahkan warga mengancam untuk tidak memberikan lahannya jika ada pihak yang ingin membuka jalan alternatif tatkala titik longsor pada ruas jalan bertambah luas.

Baca Juga  Hari Kedua Periksa PPK dan Kontraktor Maek Bako, Kasat Res: Ada Temuan, "Gas"

Jika dipaksanakan, warga yang menyerahkan lahan untuk pembukaan ruas jalan alternatif akan memungut biaya dari setiap pengemudi kenderaan bermotor.

Kepala Desa Manleten, Kristian J. Rony Seran kepada wartawan, Sabtu (07/12/2019) mengatakan pihaknya sudah mengajukan proposal perbaikan ruas jalan yang longsor kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Belu.

Staf Dinas PUPR Kabupaten Belu ungkap Kades Kristian sudah turun lokasi untuk melakukan peninjauan dan mengambil gambar lokasi ruas jalan yang longsor.

Baca Juga  PSHT Deklarasi Dukung TNI-Polri Wujudkan Kamtibmas Sukseskan Pilkada Belu

Namun, perbaikan belum dilakukan sehubungan dengan status jalan provinsi.

Kades Kristian berharap agar titik ruas jalan yang longsor segera diperbaiki agar tidak bertambah luas dan menyebabkan macetnya arus transportasi dan lalulintas. Demikian pun, tidak menyebabkan kecelakaan lalulintas.

[gin-mp]

143

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: