KKP Canangkan Gemarikan, Bupati Lay: Semoga Generasi Belu Terdepan

KKP Canangkan Gemarikan, Bupati Lay: Semoga Generasi Belu Terdepan

ATAMBUA, Gerbangindonews. Com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia mencanangkan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), Perbatasan RI-RDTL, Senin (09/03/2020).

Gemarikan merupakan gerakan dari KKP RI untuk mengkampanyekan pentingnya manfaat makan ikan sejak dini karena banyaknya kandungan gizi yang terdapat pada ikan yang sangat penting untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak.

Turut hadir dalam kegiatan pencanangan Gemarikan yang berlangaung di Kampus Sta. Angela Atambua itu, Anggota DPR RI Komisi IV, Yohanis Fransiskus Lema, Bupati Belu, Willybrodus Lay, Direktur Usaha dan Investasi KKP RI, Catur Suwanto, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Belu, Johanes Djuang bersama anggota, Ketua TP PKK Kabupaten Belu, Ny. Lidwina Viviawaty Ng Lay, Pimpinan Perangkat Daerah Kabupaten Belu dan Ketua Yayasan Anata Bakti Cabang Atambua, Pelajar SD dan SMP Kampus Sta. Angela.

Anggota DPR RI Komisi IV, Yohanis Fransiskus Lema pada kesempatan itu menyampaikan Gemarikan merupakan kerjasama antara DPR RI Komisi IV dengan KKP dan memilih Kabupaten Belu sebagai tempat pelaksanaan karena Kabupaten Belu berada di perbatasan Indonesia dan Timor Leste dengan panjang garis pantai 38 km yang memiliki potensi kelautan dan perikanan yang luar biasa.

Baca Juga  DPRD Minta Pemda Belu Antisipasi Rawan Pangan dengan Cara Ini

“Ini sesuai dengan yang diperintahkan Pak Presiden Jokowi yang selalu menekankan membangun dari beranda terdepan Republik Indonesia dari teras depan dan Belu ini teras depan,” terang Ansi Lema.

Dikatakan, mengkonsumsi ikan mengandung sejumlah manfaat karena ikan mengandung protein hewani terbaik lebih dari telur, susu dan daging dan juga membantu pembentukan otak karena mengandung omega 3.

Lebih lanjut, Ansi Lema menjelaskan NTT merupakan provinsi kepulauan. Artinya diantara pulau-pulau ini memiliki perairan laut yang mana luas laut NTT lebih luas dari daratan. Kita tahu bahwa NTT itu angka stuntingnya hanya lebih baik dari 2 provinsi jadi kita masih ada problem stunting, gizi buruk, kurang gizi dan Gemarikan sebenarnya menjawab semua hal ini.

“Laut harus menjadi ruang hidup dan sumber penghidupan karena disana ada produk unggulan NTT yakni tuna, cakalang, tongkol. Mestinya laut diberdayakan sebagai sumber makanan orang NTT,” imbuhnya

Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan ini mengutarakan KKP melihat Belu memiliki potensi yang sangat besar yang harus dibantu, diberdayakan baik dari sektor perikanan tangkap dan perikanan budidaya juga bagaimana mensosialisasikan dan mengkampanyekan Gemar Makan Ikan.

Baca Juga  Bantuan Penanggulangan Covid-19, Bupati Lay: Kades dan Lurah Wajib Umumkan Penerima

“Tindak lanjut adalah saya akan komunikasikan dengan Pak Bupati, apa-apa saja yang menjadi permasalahan dan kebutuhan Kabupaten Belu terutama mengenai aspek perikanan dan kelautan. Pak Bupati yang tahu karena Pak Bupati yang punya rakyat dan wilayah. Kami DPR RI adalah penyambung aspirasi dari daerah ke nasional. Pak Bupati butuh apa sampaikan. Kami menunggu data, informasi dan proposal sehingga kemudian ada skema Calon Penerima Calon Lokasi (CPCL, red) semuanya terdata dengan baik sehingga alokasi anggaran dan alokasi program atau bantuan itu tepat sasaran sesuai peruntukan yang memang diarahkan oleh Pak Bupati. Kami DPR ini tidak punya visi pribadi, yang punya visi pembangunan adalah Pemerintah daerah/Kepala Daerah oleh karena itu semua harus bekerja sesuai rujukan yakni RPJMD setiap kabupaten/kota,” terang Anggota DPR RI Komisi IV ini.

“Kami Komisi IV itu terkait dengan kelautan dan perikanan, pertanian, perkebunan, peternakan, lingkungan hidup ini semua Pak Bupati akan serahkan proposal kepada saya dan kita fight, berjuang disana. Kalau kita mengandalkan keuangan daerah saja kita ada keterbatasan karena APBD kita membiayai banyak hal oleh karena itu kita perlu kerja, kerja politik di level nasional sehingga kemudian keberpihakan dalam bentuk politik anggaran itu bisa masuk ke daerah kita.

Baca Juga  Potret Kebanggaan Pemkab dan Masyarakat Belu Dibawah Kepemimpinan Bupati Lay dan Wabup Ose Luan

Sementara itu, Bupati Belu Willybrodus Lay menyampaikan terima kasih kepada Komisi IV DPR RI dan Kementerian Kelautan dan Perikanan karena telah mengkampanyekan Gerakan memasyarakatkan Makan Ikan di Kabupaten Belu.

“Sebagai Bupati, saya berterima kasih untuk Komisi IV DPR RI dalam hal ini Pak Ansi Lema yang telah mengajak Kementerian KKP mengkampanyekan makan ikan di Kabupaten Belu,” ujar Bupati Belu.

Dikatakan, sesuai data statistik, penduduk Kabupaten Belu yang mengkonsumsi ikan masih jauh dibawah nasional sehingga Gemarikan ini adalah bentuk dukungan secara nyata dari Anggota DPR RI Komisi IV yang datang ke Belu mengandeng KKP untuk mengkampanyekan makan ikan karena kandungan dalam ikan itu luar biasa.

Bupati juga mengharapkan generasi Belu kedepan harus generasi yang terdidik, generasi yang terdepan dengan makan ikan.

“Ayo kita makan ikan,” ajak Bupati Belu.

[A-01/Gin/Adv-Kominfo Belu]

47

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: