Esok, LPMTI dan Kodim Belu Gelar Seminar Keutuhan NKRI

ATAMBUA, Gerbangindonews. Com – Lembaga Peduli Masyarakat Timor Indonesia (LPMTI) bekerjasama dengan Kodim 1605/Belu akan menggelar seminar sehari bertajuk “Upaya menjaga keamanan dan kedaulatan NKRI di wilayah perbatasan RI-RDTL”.

Kegiatan seminar sehari itu akan digelar esok, Kamis, 28 November 2019 di Aula Dharma Andika Kodim 1605/Belu, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur.

Ketua LPMTI, Mariano Parada mengemukakan, daerah perbatasan merupakan wilayah pembinaan yang luas karena penyebaran penduduk yang tidak merata, sehingga menyebabkan rentang kendali pemerintah, pengawasan, dan pembinaan teritorial sulit dilaksanakan dengan mantap dan efisien.

Baca Juga  Longsor Ruas Jalan Manleten di Belu Berbahaya

Menurutnya, seluruh bentuk kegiatan atau aktifitas yang ada di daerah perbatasan harus dikelola dengan baik sehingga tidak berdampak terhadap kondisi pertahanan dan keamanan di tingkat regional maupun internasional baik secara langsung maupun tidak langsung.

“Perlu adanya kerjasama yang terpadu antara instansi terkait dalam penanganannya,” kata Parada dalam release yang diterima gerbangindonews.com, Rabu (27/11/2019).

Lanjut Parada, tujuan seminar sehari guna mewujudkan perbatasan yang aman dan kondusif. Terwujudnya kerjasama yang terpadu antara instansi terkait dalam menjaga keamanan, keutuhan dan kedaulatan NKRI.

Baca Juga  Keluarga Mayat TKI Diduga Organ Tubuhnya Diambil Mengadu ke DPRD Belu

Selain itu juga bertujuan menyadarkan masyarakat perbatasan untuk ikut berpartisipasi dalam mewujudkan perbatasan yang aman dan kondusif.

“Sasaran seminar sehari yakni adalah aparat keamanan baik TNI dan Polri, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Perempuan, pemuda dan mahasiswa/pelajar dan masyarakat perbatasan pada umumnya,” terang Parada.

Sementara narasumber tambah Parada, dari unsur
Pemerintah Daerah Belu, Kodim 1605/Belu, Polres Belu, Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ dan Bea Cukai Atambua.

Dandim 1605/Belu, Letkol (Inf) Ari Dwi Nugroho ketika dikonfirmasi wartawan membenarkan kerja sama Kodim Belu dengan LPMTI dalam menyelenggarakan kegiatan seminar sehari tersebut.

Baca Juga  Cegah Corona di Belu: NasDem, Gerindra dan Rumah Perubahan Semprot Desinfektan

Kodim 1605/Belu tentunya sangat mendukung pelaksanaan seminar tersebut agar bisa berjalan lancar dan sukses.

Dalam seminar itu diharapkan, dapat melahirkan gagasan terobosan baru dalam membangun ketahanan masyarakat untuk menjaga keamanan dan kedaulatan negara.

[gin/mp]

87

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: