Dugaan Korupsi Dana Desa, Jaksa Belu Tahan Sipri Manek Asa

Dugaan Korupsi Dana Desa, Jaksa Belu Tahan Sipri Manek Asa

ATAMBUA, Gerbangindonews. Com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Belu menahan tersangka kasus dugaan korupsi dana Desa Numponi, Siprianus Manek Asa selaku Penjabat Kades Numponi di Kecamatan Malaka Timur Kabupaten Malaka.

Kejari Belu, Alfonsius G Loe Mau kepada wartawan di Kantor Kejari Belu, Jumat (06/12/2019) siang mengatakan sudah melakukan penahanan tersangka, Manek Asa selaku Penjabat Kades Numponi dalam kasus dugaan korupsi dana Desa Numponi, Kamis (05/12/2019).

Baca Juga  Penyerapan Anggaran OPD Belu Tahun 2019 Dievaluasi, Dinas PUPR 99 Persen

Penahanan terhadap Manek Asa dilakukan di rumah tahanan (rutan) Lapas Penfui Kupang.

“Kita sudah kirim tersangka dan yang bersangkutan sementara di Lapas Penfui Kupang. Rencananya, berkas perkara akan kita limpahkan ke Pengadilan Tipikor untuk disidangkan,” kata Alfonsius.

Tersangka dugaan korupsi ADD Numponi, Siprianus Manek Asa

Sebelumnya, penyidik Tipikor Satreskrim Polres Belu menyerahkan tersangka dan barang bukti kasus korupsi dana Desa Numponi ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Belu, Kamis (05/12/2019).

Penyerahan tersangka dan barang bukti ke JPU dilakukan setelah berkas perkaranya dinyatakan lengkap oleh JPU.

Baca Juga  Resmikan BCA, Hendrik: Perputaran Ekonomi Belu Terbaik di NTT

“Tersangka Siprianus Manek Asa dan barang bukti kami diserahkan (Kamis, 05/12/2019),” demikian Kapolres Belu, AKBP Cliffry Steiny Lapian melalui Kasat Reskrim AKP Sepuh Ade Irsyam Siregar di Atambua, Kamis (05/12/2019).

Untuk diketahui, tersangka Siprianus Manek Asa diserahkan ke JPU dalam kasus korupsi dana Desa Numponi Tahun Anggaran 2016 senilai Rp 286 juta.

Baca Juga  Cegah Covid-19, DPRD Belu Minta Pengawasan Pelabuhan Atapupu Diperketat

Total kerugian negara tersebut didasarkan pada hasil audit Kantor Inspektorat Kabupaten Malaka.

Selain kasus dugaan korupsi dana Desa Numponi, penyidik Polres Belu akan intens menyelidiki sejumlah kasus korupsi dana desa di wilayah hukum Polres Belu.

[Pelopor9.com/gin-mp]

743

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: