Bupati Lay: TMMD Program TNI Percepat Pembangunan di Daerah Perbatasan

Atambua, Gerbangindonews. Com – Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) merupakan program terpadu TNI dan pemerintah daerah untuk mempercepat pembangunan di daerah dalam Konteks peningkatan kesejateraan masyarakat pada seluruh aspek Kehidupan.

Dalam kaitan itu Pemerintah Daerah (Pemda) Belu berpandangan bahwa, kegiatan TMMD ke-106 yang dilaksanakan oleh Kodim 1605/Belu merupakan perwujudan tugas pokok TNI untuk membantu tugas pemerintah daerah.

Membantu dalam hal ini, tentunya berkenaan dengan peran TNI selaku bagian dari komponen negara dalam rangka meningkatkan kesejateraan masyarakat di perbatasan RI-RDTL.

Demikian amanat Bupati Belu, Willybrodus Lay saat memimpin upacara pembukaan TMMD ke-106 Kodim Belu tahun 2019 di Dusun Laktutus, Desa Fohoeka, Kecamatan Nanaet Dubesi, Kabupaten Belu, Timor Barat, Perbatasan RI-Timor Leste, Rabu (02/10/2019).

Pemukulan Gong

Menurut Bupati Lay, program TMMD selain bertujuan untuk meningkatkan kesejateraan, juga merupakan upaya mempererat kemanunggalan TNI dan masyarakat.
Oleh kerena itu ia mengajak seluruh pihak, khususnya TNI dan masyarakat untuk saling bahu membahu menyukseskan program TMMD ke-106.

Baca Juga  Tutup PLBN untuk Cegah Corona, Begini Respon Pemda Belu

Pemerintah Daerah kata Bupati Lay memiliki harapan terhadap peningkatan jalinan kerjasama antar seluruh instansi baik TNI, Polri serta masyakat sipil.

“Kita harus sukseskan bersama. Dengan gotong royong dan kerjasama dengan unsur yang terlibat baik TNI, masyarakat maupun Polri,” ujar Bupati Lay

Diakhir amanatnya, Bupati Lay berharap, TMMD yang dilaksanakan TNI dalam hal ini Kodim 1605/Belu dapat dilaksanakan secara kontinyu sehingga dapat menyempurnakan dan mengakselerasi pembangunan daerah di desa-desa.

“Saya berharap program TMMD ini akan dapat mempercepat pembangunan Infrastruktur di Kabupaten Belu. Oleh kerena itu program TMMD dapat terus dilakukan secara kontinyu guna mempercepat pembagunan di segala bidang,” pintanya.

Sementara itu, Dandim 1605/Belu, Letkol (Inf) Ari Dwi Nugroho kepada wartawan usai upacara pembukaan mengatakan, kegiatan TMMD ke-106 Kodim 1605/Belu dilaksanak mulai hari ini (02 Oktober 2019) hingga (31 Oktober 2019) di Desa Fohoeka, Kecamatan Nanaet Dubesi, Kabupaten Belu.

Baca Juga  Respon Kapolres Belu dan Tokoh Agama Terkait Undangan Judi Sabung Ayam Jelang Natal

Program TMMD ini jelas Dandim Nugroho akan melaksankan berbagai kegiatan diantaranya kegiatan fisik yang meliputi pembukaan jalan baru, pipanisasi, penampungan bak air dan kegiatan non fisik.

“Pembukaan jalan sepanjang 2.230 meter, pipanisasi 200 meter dan pembangunan bak penampung air sebanyak 2 buah serta kegiatan non fisik yang diarahkan untuk mendorong tumbuhnya inovasi dan kreatifitas masyarakat,” sebut Nugroho.

Kegiatan TMMD ini tambah Nugroho dilaksanakan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan juga menumbuhkan budaya gotong royong masyarakat dalam membangun daerah.

Untuk diketahui, pembukaan kegiatan TMMD ke-106 ditandai dengan pemukulan gong, penandatanganan naskah TMMD oleh Bupati Belu dan diserahkan kepada Dandim 1605/Belu serta penyerahan bahan dan alat kerja oleh Bupati Belu Kepada Anggota TMMD.

Baca Juga  Bupati Belu Teken Revisi SK 204 Teko Guru

Kegiatan TMMD ke-106 yang dilaksanakan Kodim 1605/Belu sendiri mengangkat tema “Melalui TMMD Kita Wujudkan Percepatan Pembangunan untuk Kesejahteraan Rakyat”.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD Belu sementara, Jeremias Manek Seran Jr, Kasi Ter Korem 161/Ws, Kolonel (Inf), Abdullah Jamali, Kapores Belu, AKBP Christian Tobing, Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ, Letkol (Inf), Ikhsanudin, Wadanyon RK 744/Syb, Mayor (Inf) R. Panjaitan, Para Pasi Dim 1605/Belu, Pimpinan OPD lingkup Pemkab Belu, Camat Nanaet Dubesi, Michael Bria, Para Danramil jajaran Kodim 1605/Belu, Kepala Bea Cukai Atambua, Tribuana Wetangtera, Pengusaha Se-Kabupaten Belu, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, undangan dan masyarakat se-Kecamatan Nanaet Duabesi.

[gin/mp]

39

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: