Bupati Belu Tinjau Cartdrige Mesin TCM Covid-19 di RSUD Atambua

Bupati Belu Tinjau Cartdrige Mesin TCM Covid-19 di RSUD Atambua

ATAMBUA, Gerbangindonews. Com – Bupati Belu, Willybrodus Lay meninjau langsung Cartdrige Mesin TCM untuk mendeteksi Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) MGR. Gabriel Manek, SVD Atambua, Sabtu (20/06/2020).

Cartdrige Mesin TCM untuk deteksi Covid-19 itu merupakan bantuan dari Kementerian Kesehatan RI atas perjuangan dan koordinasi DPD II Golkar Kabupaten Belu dengan DPD I Golkar Provinsi NTT melalui Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Melki Laka Lena.

Saat meninjau Cartdrige Mesin TCM Covid-19 di ruang laboratorium RSUD Atambua itu didampingi Plh. Sekda Belu, Marsel Mau Meta, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Belu, Yahanes Jefry Nahak, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Belu, Vincent K. Laka dan Direktur MGR. Gabriel Manek, SVD Atambua, dr. Batsheba Elena Corputty, MARS.

Baca Juga  ODP di Belu Berkurang, 4 Selesai Masa Karantina

Bupati Belu, Willybrodus Lay menyampaikan terima kasih kepada Menteri Kesehatan dan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Melki Laka Lena yang telah memberikan atensi besar kepada Kabupaten Belu dengan memberikan Cartdrige Mesin TCM untuk deteksi Covid-19.

“Terimakasih Pak Menteri Kesehatan, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Ketua DPD II Golkar Kabupaten Belu yang berjuang memberikan Cartdrige Mesin TCM untuk RSUD Atambua, Kabupaten Belu untuk dapat digunakan,” ungkap Bupati Lay.

Bupati Lay menuturkan, di saat situasi seperti sekarang ini, alat Cartdrige Mesin TCM sangat dibutuhkan.

“Semoga Cartdrige Mesin TCM ini bisa membantu kerja tenaga medis karena RSUD Atambua adalah salah satu RS rujukan untuk penanganan pasien Covid-19,” ujar Bupati.

Baca Juga  DPRD Belu Serukan Bantuan Hukum Seluruh Advokat di Belu untuk Paulus Tanmenu

Kesempatan itu, Bupati Lay menyampaikan terimakasih kepada pimpinan, seluruh staf dan tenaga medis RSUD Atambua yang telah bekerja keras dan selalu standby untuk mencegah dan menangani penyebaran dan terjangkitnya Virus Covid-19.

“Kita bersyukur karena sampai hari ini Belu warna masih enak dipandang mata, semua warna hijau. Terimakasih untuk semua tenaga medis sehingga Belu baik dan zona hijau,” tuturnya.

Direktur RSUD Atambua dr. Batsheba Elena Corputty mengatakan dengan adanya Cartdrige Mesin TCM ini pihaknya sangat terbantu untuk mendeteksi secara cepat pasien Covid-19.

Pasalnya, Cartdrige Mesin TCM dapat mengetahui hasil test SWAB dengan cepat dan akurat.

“Pengambilan SWAB nanti dimasukan ke dalam mesin TCM ini dan mesin langsung membaca hasilnya kurang lebih 45 menit. Akurasinya setara dengan alat konvensional (99%) akurat,” kata dr. Elen begitu akrab dikenal.

Baca Juga  Maek Bako: Pengakuan Poktan dari Tak Terima hingga Terima Bibit Rusak, Polisi Serius Dalami

Dokter Elen menambahkan, dengan adanya Cartdrige Mesin TCM ini, pihaknya sudah dapat melakukan tes SWAB sendiri sehingga tidak perlu lagi dikirim dan menunggu hasil dari Kupang atau Propinsi.

“Cartdrige Mesin TCM untuk RSUD Atambua ini sebanyak 60pcs. Dan kita sudah ada Cartdrige jadi sudah periksa di sini dan tau hasilnya. Jadi tidak kirim ke Kupang lagi,” pungkasnya.

[A-01/Gin]

54

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: