Bunda PAUD Belu Raih Penghargaan Dari Kemendikbud RI

Bunda PAUD Belu Raih Penghargaan Dari Kemendikbud RI

ATAMBUA Gerbangindonews. Com – Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur berhasil meraih penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI di Jakarta.

Penghargaan itu diraih Bunda PAUD Belu, Ny. Lidwina Viviawati Ng Lay berkat kerja keras, keseriusan dan kepedulian yang tinggi terhadap PAUD di wilayah yang berbatasan langsung dengan negara Timot Leste itu.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh istri Wakil Presiden RI, Wury Estu Handayani Ma’ruf Amin, mewakili Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, selaku Bunda PAUD Nasional, di Kartika Expo Center, Balai Kartini (18/11/2019).

Bunda PAUD Kabupaten Belu, Ny. Lidwina Viviawati Ng Lay ketika ditemui di kediamannya, Kamis (21/11/2019) mengatakan penghargaan yang diperoleh merupakan penghargaan kepada Bunda PAUD terbaik se Indonesia dari 33 Propinsi di Indonesia.

“Belu masuk sebagai salah satu kabupaten terbaik dalam pengelolaan PAUD. Kita bertekad saat merayakan HUT RI yang ke 100 nanti, anak-anak yang saat ini masih di PAUD sudah bisa jadi pempimpin. Karena itu perlu untuk kita siapkan dari sekarang,” kata Vivi begitu akrab dikenal.

Baca Juga  Warga Lakanmau Mengadu ke DPRD Belu, Ini Masalahnya

Atas keberhasilan ini, Ketua Dekranasda Belu itu meminta semua elemen masyarakat termasuk ayahanda PAUD untuk terus meningkatkan partisipasi dalam urusan PAUD.

“Kami harapkan kita keroyokan mengerjakan PAUD jadi tidak hanya satu Dinas tapi Dinas terkait seperti dinas Kependudukan juga kita libatkan untuk membantu anak-anak memperoleh Akta Kelahiran karena konsep PAUD yang kita bangun adalah PAUD Integrasi Holistik, jadi di PAUD ada juga kegiatan Posyandu dan juga bagaimana anak-anak diajarkan untuk tertib membuang sampah,” ujarnya.

Bunda PAUD Kabupaten Belu, Ny. Lidwina Viviawati Ng Lay

Saat ini tambah wanita pecinta tenun ini bahwa semua desa di Kabupaten Belu sudah memiliki PAUD dimana pada tahun 2018 107 dan saat ini terdapat 213 PAUD yang sudah dibangun.

“Peningkatan ini merupakan bentuk komitmen pemerintah daerah untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan bagi anak usia Dini,” pintanya.

Untuk diketahui, dari 500 lebih Kabupaten/Kota di Indonesia, terdapat  23 Bunda PAUD Tingkat Kabupaten/Kota yang diberi penghargaan.

Berikut 23 kabupaten/kota yang menerima penghargaan; (1) Bunda PAUD Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh, Rita Syntia, ST., MM; (2) Bunda PAUD Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Ni Kadek Seniasih, S.Sos; (3) Bunda PAUD Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Hj. Amien Rahmani Husni Djibril; (4)Bunda PAUD Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Ny. Fitri Hertikasari A. Hijazi, SE; (5) Bunda PAUD Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Hj. Erna Kusmawati Suharsono; (6) Bunda PAUD Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Ny. Hj. Jusmiati Taha Kiyai Demak; (7) Bunda PAUD Kota Jambi, Provinsi Jambi, Hj. Yuliana Fasha, SE., M.Si., Ak, CA; (8) Bunda PAUD Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, dr. Cellica Nurrachadiana; (9) Bunda PAUD Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah, Hj. Etik Suryani, SE., MM;

Baca Juga  Pertama di NTT, Incenerator Milik RSUD Atambua Kantongi Izin dan Segera Beroperasi

Selanjutnya, (10) Bunda PAUD Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah, Dra. Hj. Musus Indarnani Haryanto; (11) Bunda PAUD Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan, Hj. Fatma Idiana Sayed Jafar; (12) Bunda PAUD Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan, Ir. Hj. Ririen Kartika Rini Nadjmi Adhani, MP; (13)Bunda PAUD Kota Bontang, Provinsi Kalimantan Timur, dr. Hj. Neni Moerniaeni, SP.OG; (14) Bunda PAUD Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Hj. Yohana Palupi Arita, SE; (15) Bunda PAUD Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Hj. Deby Maryanti Apri Sujadi; (16) Bunda PAUD Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, Faujia Helga Br. Tampubolon; (17) Bunda PAUD Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, Dra. Linda Christine Sumilat Paembonan, M.Si; (18) Bunda PAUD Kota Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat, Dr. Henny Riza Falepi; (19) Bunda PAUD Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan, dr. Hj. Noviar Marlina Gunawan; (20) Bunda PAUD Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara, Lidia Kristina Dosmar Banjarnahor; (21) Bunda PAUD Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah, Fauziah Yulhaidir; (22) Bunda PAUD Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Ny. Lidwina Viviawaty Ng Lay, dan; (23) Bunda PAUD Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung, Hj. Nur Rohmah Sujadi Saddat.

Baca Juga  Gencar Cegah Covid-19, Golkar Belu Serahkan Bahan Desinfektan ke Pemda

[gin/mp]

271

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: