Bea Cukai Atambua Canangkan Zona Integritas Wujudkan Wilayah Bebas Korupsi

Atambua, Gerbangindonews. Com – Sebagai bentuk dukungan terhadap perlawanan bangsa atas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN), Bea Cukai Atambua mencanangkan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (ZI WBK WBBM).

Komitmen Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea Cukai Atambua dibawah kepemimpinan Tribuana Wetangterah mencanangkan ZI itu untuk menghadirkan pelayanan bebas korupsi bagi masyarakat pengguna jasa di wilayah kerja Kabupaten Belu, Malaka, dan TTU, Timor Barat, Perbatasan RI-Timor Leste.

Komitmen Pencanganan Zona Integritas dilakukan oleh Bea Cukai bersama Bupati Belu, Imigrasi, Otoritas Bandara, Polres Belu, Kodim 1605/Belu, Satgas Pamtas Yonif 142/KJ, serta para pengguna jasa Pelayanan Bea Cukai yang berlangsung di Kantor Bea Cukai Atambua, Kamis (03/10/2019).

Selain pencanganan Zona Integritas, Bea Cukai bersama lembaga mitra melakukan pemusnahan barang bukti yang diperoleh selama penindakan di lapangan berupa pengawasan barang ekspor dan impor, pengawasan lintas batas serta Cukai.

Sejumlah barang yang dimusnakan tersebut telah menjadi barang sitaan negara antara lain pakaian bekas rombengan, minuman alkohol, minuman ringan, kopi, beras, minyak goreng, BBM, rokok, pestisida, pakan ternak, serta ban kendaraan bermotor.

Baca Juga  Herman Herry Serahkan Bantuan Mobil Ambulance untuk Klinik St. Antonius

Kepala Bidang Kepatuhan Internal Bea Cukai Bali Nusra, Wahyuningsih Kusuma Santi
Kepala Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea Cukai Perwakilan Bali, NTB, dan NTT melalui Kepala Bidang Kepatuhan Internal Wahyuningsih Kusuma Santi mengatakan bahwa pencanangan zona integritas sebagai langkah awal bagi Bea Cukai Atambua untuk mewujudkan pelayanan yang bersih dan bebas dari korupsi serta semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat pengguna jasa kepada Bea Cukai.

“Kami menghendaki Bea Cukai Atambua semakin berbenah untuk mewujudkan pelayanan yang bersih dan bebas dari korupsi terlebih di wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste sangat penting melakukan pengawasan intensif terhadap mobilitas orang dan barang,” ungkap Wahyuni.

Bupati Belu, Willybrodus Lay
Bupati Belu Willybrodus Lay mengatakan pihaknya sangat mendukung pencanangan ZI di lingkup Kantor Bea Cukai Atambua.

Baca Juga  Sidang DPRD Belu Diwarnai Aksi Guru Teko

Bupati Lay berharap, dengan adanya pencanangan ZI, Bea Cukai dapat menghadirkan pelayanan publik yang lebih berkualitas.

“Zona Wilayah Bebas Korupsi (WBK) ini patut kita apresiasi acungkan jempol dan ini kalau boleh tidak saja hanya di Cukai sendiri. Mari kita bersama-sama WBK ini kalau boleh satu kabupaten kita tetapkan bersama. Terima kasih Pak Tri Buana yang memulai ini dan ini menjadi inspirasi untuk kita bersama-sama memulai 1 zona wilayah bebas korupsi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Bea Cukai Atambua, Tribuana Wetangterah mengatakan bahwa sesuai Peraturan KemenPAN-RB Nomor 52 Tahun 2014 menekankan bahwa penandatanganan zona integritas sebagai langkah awal mewujudkan birokrasu yang bebas dari korupsi.

“Kami membutuhkan dukungan dari semua pihak dan pengguna jasa pelayanan Bea Cukai untuk memberikan dukungan penuh bagi kami dalam mewujudkan pelayanan bea cukai yang bersih,” tegas Tribuana.

Selain pemusnahan sejumlah barang sitaan hasil penindakan, lanjut Tribuana, pihaknya telah melakukan lelang barang sitaan yang menjadi milik negara melalui lelang tertutup terhadap jenis barang minyak goreng dan kopi dengan nilai Rp. 205,1 juta dan hasilnya diperuntukkan bagi kepentingan sosial, keagamaan dan kemanusiaan.

Baca Juga  Natal Bersama Ratusan Warga, Nini Atok Bagi Bingkisan

“Kami memberikan bantuan hibah berupa 20 karung beras berjumlah 500 kilogram kepada Dinas Sosial Kabupaten Belu, dan barang lainnya kami telah musnahkan sesuai ketentuan perundangan,” tambah Tribuana.

Sebagai informasi, Polres Belu dibawah kepemimpinan AKBP Christian Tobing telah terlebih dahulu mendeklarasikan pencanangan ZI di lingkup kerja Polres Belu pada Maret 2018 lalu sebagai bentuk komitment menuju Wilayah Bebas Korupsi Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (ZI WBK WBBM) di Daerah yang berbatasan langsung dengan negara Timor Leste itu.

[gin/mp]

27

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: