Antisipasi Virus Corona, RSUD Atambua Sediakan Ruang Isolasi

Antisipasi Virus Corona, RSUD Atambua Sediakan Ruang Isolasi

TAMBUA, Gerbangindonews. Com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mgr. Gabriel Manek, SVD Atambua di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT) menyediakan ruang isolasi untuk penanganan medis bagi pasien sebagai antisipasi penyebaran Virus Corona.

Antisipasi RSUD Atambua yang ada di wilayah Perbatasan RI-Timor Leste itu dilakukan sejak Virus Corona mewabah di Kota Wuhan, Cina dan sejumlah negara.

Demikian Direktur RSUD Atambua, dr. Batsheba Elena Coputty, MARS kepada media ini ketika dikonfirmasi, Kamis (30/01/2020) siang.

Baca Juga  25 Pasien DBD di RSUD Atambua Mayoritas dari TTU

Menurut dr. Elena begitu akrab dikenal, pihak RSUD Atambua selain menyediakan ruang isolasi, juga alat pelindung bagi tenaga medis untuk melakukan penanganan terhadap pasien yang terinfeksi Virus Corona yang mematikan itu.

“RSUD Atambua saat ini sudah tersedia ruang isolasi, alat pelindung diri yang memadai untuk tenaga medis dan kami diminta untuk meningkatkan kewaspadaan dini terhadap kasus yang berpotensi wabah seperti infeksi virus corona,” ungkap dr. Elena.

Baca Juga  Diduga Sebulan Tak Ada Infus Set, Pasien DBD Anak di RSUD Atambua Meninggal

Ruang isolasi yang disediakan jelas dr. Elena sebanyak 15 ruangan baik untuk antisipasi penanganan terhadap pasien yang terinfeksi Virus Corona maupun pasien dengan penyakit menular lainnya.

“Saat ini ruang isolasi yang ada 15 ruangan, bukan hanya untuk infeksi virus corona tapi khusus untuk penyakit yang berpotensi menular ke orang lain,” imbuhnya.

Ditanya apakah ada pasien yang tengah dirawat di RSUD Atambua yang terinfeksi Virus Corona, mantan Kepala Puskesmas Atambua selatan itu mengaku hingga hari ini tidak ada pasien yang terinfeksi virus tersebut.

Baca Juga  Update: ODP di Belu Tambah 8 Menjadi 39 Orang

“Sampai saat ini belum ada kasus (pasien terinfeksi virus corona-red), namun kami tetap waspada,” pungkasnya.

[A-01/Gin]

74

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: