25 Pasien DBD di RSUD Atambua Mayoritas dari TTU

25 Pasien DBD di RSUD Atambua Mayoritas dari TTU

ATAMBUA, Gerbangindonews. Com – Petugas medis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mgr. Gabriel Manek, SVD Atambua mencatat ada 25 pasien Demam Berdarah Dengue (DBD) yang tengah menjalani perawatan intensif.

Mayoritas pasien DBD yang dirawat merupakan warga asal Ponu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).

Demikian, Direktur RSUD Mgr. Gabriel Manek, SVD Atambua, dr. Batsheba Elena Corputty, MARS ketika dikonfirmasi media ini, Senin (10/02/2020) siang.

Baca Juga  Diduga Sebulan Tak Ada Infus Set, Pasien DBD Anak di RSUD Atambua Meninggal

“Dari 25 pasien yang dirawat, kebanyakan dari Ponu sebanyak 13 orang pasien. 12 lainnya merupakan rujukan dari beberapa Puskesmas terdekat di Kota Atambua,” kata dr. Elena begitu akrab dikenal.

Ia menyebutkan, 25 pasien penderita DBD itu sejak bulan Januari hingga 5 Februari 2020 ini. Sementara pada Desember tahun 2019 lalu, tercatat 25 pasien yang juga dirawat pihaknya di RSUD yang berbatasan langsung dengan Negara Timor Leste itu.

Baca Juga  136 Kasus DBD, Kabupaten Belu Belum Dinyatakan KLB

“Untuk tiga bulan terakhir ini semuanya ada 50 pasien penderita DBD yaitu antara Januari-Februari 25 orang dan Desember tahun lalu 25 orang,” ungkap dr. Elena.

Mantan Kepala Puskesmas Atambua Selatan itu mengatakan, jumlah pasien tersebut ditangani secara intensif agar tidak adanya korban jiwa akibat penyakit DBD.

Baca Juga  Saat Masyarakat dan Pemda Berupaya Cegah Corona, DPRD Belu Malah Kunker ke Bali

Masyarakat tambah dr. Elena diimbau untuk waspada dan mencegah terjadinya DBD.

Pasalnya, penyakit DBD merupakan salah satu penyakit yang dapat dicegah dengan menjaga kebersihan dari jentik nyamuk dan menghindari gigitan nyamuk Aedes aegypti.

[A-01/Gin]

75

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: